Home » » Berbagai Jenis Makanan yang dapat dimakan Untuk Menurunkan Berat Badan

Berbagai Jenis Makanan yang dapat dimakan Untuk Menurunkan Berat Badan

Memiliki badan yang langsing merupakan idaman setiap orang, apalagi bagi kaum wanita. Berbagai cara dilakukan untuk menurunkan berat badannya, mulai dari urusan makanan sampai melakukan operasi medis.

Sebenarnya dengan mengatur pola makan sehari-hari kita dapat mengatur berat badan, hanya hal ini harus dilakukan secara disiplin. Di tengah maraknya kuliner-kuliner serba enak dan begitu menggoda di sekeliling kita, ini merupakan hal yang sulit bagi kebanyakan orang.

Selain itu, mengkonsumsi beberapa jenis makanan tertentu juga dapat menurunkan berat badan. Berikut adalah beberapa makanan yang dapat membantu menurunkan berat badan:

Pisang, Buah yang Melangsingkan

Diet bukan alasan untuk menghindari makanan yang mengandung karbohidrat. Bak bensin, karbohidrat berperan sebagai sumber energi tubuh. Dalam sehari, tubuh memerlukan asupan karbohidrat hingga 50 persen.

Jenis karbohidrat yang cocok untuk mereka yang sedang berdiet adalah karbohidrat kompleks yang akan terserap tubuh dengan lebih perlahan sehingga tubuh tidak mudah lapar. Contohnya adalah nasi merah dan produk olahan tepung gandum yang tidak dimurnikan (whole wheat).

Pisang termasuk dalam kelompok karbohidrat yang disarankan karena mengandung sari pati (resistant starch) yang membuat tubuh kenyang lebih lama dan mempercepat proses metabolisme. Karena itu, buah ini sangat cocok untuk menjadi pengganti camilan.

Sepotong pisang berukuran sedang mengandung 12,5 gram sari pati, jauh lebih banyak dibanding makanan lain. Selain itu, pisang juga memiliki kadar lemak yang rendah.

Keunggulan lain buah berwarna kuning ini adalah mengandung vitamin A, C, dan B. Pisang juga mengandung kalium, salah satu mineral yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Mineral lain yang terdapat dalam pisang adalah magnesium.

Langsing Berkat Ubi Cilembu
Asri "Welas" Pramawati sempat frustasi karena berat badannya naik hingga 40 kilogram setelah melahirkan putra pertamanya, Rajwa Gilbram Ridha Rahardja 3 tahun silam. Untuk mengembalikan berat badannya ia mengganti menu nasi saat sarapan dengan ubi Cilembu dan bobot tubuhya kini stabil di kisaran 53 kg.

Sebelum hamil, berat badan Asri hanya 45 kg, namun beberapa bulan setelah melahirkan bobotnya mencapai 85 kg. "Selama menyusui Ibam, anakku, nafsu makan memang tinggi sekali. Dalam sehari bisa 8 kali makan," cerita wanita yang mulai dikenal saat berperan sebagai Welas dalam sitkom Suami-Suami Takut Istri ini.

Pada awalnya, ia menganggap wajar kenaikan berat badannya. Namun setelah ia bertemu teman yang juga baru memiliki anak namun badannya tetap langsing, Asri menjadi yakin bahwa berat badannya berlebihan.

"Saya kaget karena teman saya itu usia anaknya sama dengan Ibam dan juga memberi ASI tapi badannya tetap langsing," cetusnya.

Sejak saat itu, perempuan yang suka bercanda ini memutuskan untuk mengurangi berat badannya. "Waktu anak saya usia 8 bulan, saya langsung diet ketat. Tidak makan nasi sama sekali. Tapi akibatnya saya malah tumbang terkena tifus. Sedih sekali kalau ingat karena Ibam tidak bisa mendapatkan ASI," ujarnya.

Kemudian Asri diberi tahu teman tentang manfaat ubi Cilembu dan mencobanya. "Setiap pagi saya minum ubi Cilembu yang direbus. Selain banyak vitaminnya, penyerapan oleh tubuh juga bagus dan pengeluarannya juga lancar sehingga tidak ada yang disimpan tubuh. Selanjutnya makan siang dan makan malam saya makan seperti biasa," paparnya.

Sebagai variasi, terkadang ia juga mengonsumsi roti tawar gandum. "Karena berserat tinggi jadinya saya jarang makan," imbuhnya.

Selain itu, Asri juga rutin berolahraga. "Saya tidak ikut klub kebugaran. Cuma jogging saja di sekitar rumah seminggu dua kali. Lagipula golongan darah saya O sehingga tidak disarankan olahraga berat," katanya.

Saat ini Asri boleh berbangga karena berat badannya stabil di kisaran 53 kg. Untuk mengendalikan nafsu makannya, wanita yang hobi mendesain kebaya ini secara rutin melakukan totok.

"Waktu gemuk dulu saya sering migren, kemudian saya melakukan totok dan ternyata sembuh. Nafsu makan juga berkurang," kata wanita yang tahun depan berencana ingin menambah momongan ini.

Ia juga mengingatkan pentingnya melakukan penurunan berat badan secara bertahap. "Jika ingin mengurangi porsi makan, lakukan pelan-pelan sehingga tubuh tidak kaget. Sekarang saya kalau makan juga tidak bisa banyak karena perut sudah terbiasa diisi sedikit," katanya.

Apel Juga Dapat Mengurangi Berat Badan
Buah yang satu ini sudah jadi simbol hidup sehat. Bukan tanpa alasan. Selain rasanya segar, asam, manis buah ini kaya akan sejumlah nutrisi yang sangat bermanfaat buat kebugaran tubuh.

Apel banyak memiliki kandungan vitamin, mineral serta zat lain seperti fitokimia, serat, tanin, baron, asam tartar, dan lainnya. Zat inilah yang sangat dipelukan bagi tubuh kita untuk mencegah dan menanggulangi berbagai penyakit.

Buah apel mengandung bioflavonoid yang disebut quercetin yang dapat melindungi paru-paru dari asap rokok. Riset di Beijing membuktikan keluarga yang teratur mendapatkan sejumlah quercetin dalam makanan mereka 20% lebih kecil terkena kanker.

Apel kaya akan serat, sehingga baik untuk orang yang sedang berdiet. Karena seratnya tinggi sehingga membuat tidak cepat lapar. Makan apel 3 buah per hari sangat membantu untuk menurunkan berat badan secara signifikan.

Cabai Merah Turunkan Berat Badan Jika Dimakan Sesekali Saja
Mengonsumsi cabai merah terbukti bisa mengurangi nafsu makan, sehingga sangat berguna bagi yang ingin mengurangi berat badan. Namun penelitian terbaru menunjukkan, efeknya akan lebih optimal jika cabai ini tidak terlalu sering dimakan.

Cabai merah atau cayenne pepper merupakan jenis cabai yang ukurannya lebih besar dari cabai rawit, berwarna merah dan disebut-sebut paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia. Nama lainnya adalah Guinea spice, Cow Horn Pepper, aleva atau bird pepper.

Seperti jenis cabai pada umumnya, cabai merah juga mengandung capsaicin yakni senyawa yang memberikan rasa pedas. Berbagai penelitian membuktikan, capsaicin memang bagus untuk diet karena bisa menekan nafsu makan dan meningkatkan pembakaran kalori.

Pemberian kapsul capsaicin pada beberapa partisipan studi ilmiah menunjukkan efek yang memuaskan. Demikian juga ketika uji coba dilakukan dengan cabai asli, manfaat capcaisin sama manjurnya dengan pemberian dalam bentuk ekstrak yang dimasukkan kapsul.

Baru-baru ini, penelitian di Purdue University di Indiana mengungkap cara yang lebih efektif untuk mendapatkan manfaat capsaicin dalam cabai merah. Penelitian ini melibatkan 25 partisipan, terdiri dari 13 orang penggemar sambal dan 12 orang yang tidak doyan pedas.

Peneliti tidak menentukan berapa banyak cabai merah asli (bukan ekstrak capsaicin) yang harus dikonsumsi, partisipan boleh mengambil sendiri sesuka hati. Penggemar sambal rata-rata mengambil 1,8 gram sementara yang tidak doyan pedas rata-rata hanya 0,3 gram.

Secara umum, semua partisipan yang diminta mengkonsumsi cabai merah sama-sama merasakan manfaatnya. Tubuh menjadi hangat, nafsu makan berkurang terutama terhadap makanan asin dan berlemak, serta pembakaran kalori menjadi lebih efisien.

Namun dilihat dari jumlah cabai yang dikonsumsi, partisipan yang tidak doyan sambal mengonsumsi cabai merah lebih sedikit. Artinya dalam takaran lebih kecil, efek capsaicin justru lebih optimal pada orang-orang yang tidak terbiasa makan cabai.

"Ada perbedaan respons pada perubahan nafsu makan berbeda antara kedua kelompok. Ini menunjukkan, efeknya lebih besar pada orang yang tidak terbiasa makan cabai," ungkap Prof Richard Mattes dalam laporan yang dimuat di jurnal Physiology & Behaviour.

Makanan Penurun Berat Badan Lainnya
Berikut adalah jenis makanan lainnya yang dapat membantu anda menurunkan berat badan, sebagian bahkan merupakan makanan yang enak.

Sarden
Meskipun tampilannya membosankan, ikan ini kaya akan protein dan asam lemak omega 3 yang baik untuk jantung. Sarden yang dikemas dalam minyak lebih enak daripada yang di dalam air. Kandungan protein dan lemaknya bisa menurunkan kadar gula darah dan mempermudah penurunan berat badan.

Extra-Virgin Olive Oil
Minyak olive akan asam lemak tunggal MUFA, yang menurunkan kadal LDL (kolesterol jahat) dan menaikkan HDL (kolesterol baik). Menurut riset yang dipublikasikan pda Diabetes Care tahun 2007, minyak olive membantu melenyapkan lemak di perut – yang berkaitan dengan penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Extra virgin olive oil dibuat dari buah olive yang diperah pertama kali. Pilihlah jenis cold pressed yang tidak mengalami proses pemanasan.

Alpukat
Buah yang seperti sayuran ini merupakan sumber MUFA, asam oleic , folat dan vitamin E. Pilihlah jenis yang hijau tua kulitnya, kuning sedikit kehijuan daging buahnya dan masak pohon. Potong kasar sebagai camilan atau campuran salad.

Almond
Almond dan jenis kacang-kacangan lain merupakan kombinasi protein, lemak sehat dan serat. Sangat bagus untuk camilan saat perut lapar. Makan almond juga bisa menurunkan kadar kolesterol dan resiko penyakit jantung.

Blueberries
Penggempur lemak perut yang dahsyat ini sudah terbukti kehebatannya dalam beberapa riset. Blueberry sudah lama terkenal reputasinya karena kandungan antioksidannya yang tinggi.

Brokoli
Keluarga kol ini dikenal mengandung nutrisi yang bisa melawan sel kanker. Brokoli juga kaya akan serat, rendah kalori dan karbohidrat dan kaya akan viatamin C dan A, kalsium, potassium, dan asam folic yang bagus untuk tubuh. Bisa dimasak atau dimakan mentah.

Paprika Merah
Paprika merah ini warnanya sangat menggoda. Dibandingan peprika hijau, paprika ini mengandung vitamin A 8 kali lebih banyak, hampir 3 kali lebih banyak vitamin C daná 4 kali lebih banyak karoten, termsauk lycopene yang membantu mencegah kanker porstat. Rasa pedasnya membuat tubuh panas dan mendorong pembakaran kalori.

Koktail Udang
Udang merupakan makanan yang menjadi sumber protein (8 kalori), yang dapat mempercepat metabolisme dan menjaga anda tetap kenyang untuk beberapa jam. Di lain waktu bila anda ingin menyantap makan malam di luar, mulailah dengan makanan pembuka koktail udang alias Shrimp cocktail.

Bila anda ingin memasaknya dirumah, saus yang digunakan sangat mudah. Cukup campurkan 1 sendok teh saus tomat dengan 1 sendok teh Tabasco (untuk membuat rasa lebih bervariasi, tambahkan perasaan lemon atau tambahkan sedikit saus pedas)

Salad ayam pedas
Menambahkan saus yang amat pedas dapat membuat tempo makan menjadi lambat. Sehingga anda akan lebih cepat kenyang. Untuk makan siang yang sederhana, siapkan saja salad ayam. Caranya, siapkan 1 potong dada ayam yang telah dipotong dadu, 1-2 sendok teh mayones rendah lemak, saus pedas untuk menggugah rasa, dan beberapa sayuran yang menjadi komposisi salad yang ada di dapur. Sajikan dengan beberapa helai daun selada dan segelas air putih tentunya.

Puding Labu
Krim puding mempunyai kalori kurang dari 150 kalori dan ini dapat membantu menurunkan berat badan. Kombinasikan 180 ml yoghurt vanilla tanpa lemak dengan setengah cangkir labu segar yang sudah dihaluskan atau diblender dan sedikit kayu manis. Labu akan tercampur dengan yoghurt (kaya akan protein dan nutrisi) dan akan menghasilkan serat dalam jumlah yang besar. Percampuran protein dan serat di perut akan membuat tetap kenyang. Jadi anda tidak perlu mengunyah makanan lagi untuk beberapa jam ke depan.

Sup Sayuran
Penelitian telah menunjukan bahwa dengan mengkonsumsi semangkuk sup sayuran yang kaya akan serat, dapat mengurangi 20% jumlah kalori yang terdapat di tubuh. Sup mampu menghilangkan rasa lapar dan mampu mengenyangkan dengan cepat, jadi anda bisa mengkonsumsi makanan utama dengan porsi yang lebih sedikit.

Salad Timun, Tomat dan Bawang
Cobalah salad versi klasik dari Mediterania yang rendah kalori. Siapkan satu buah timun, satu buah tomat, dan setengah bawang merah. Lalu campur semua sayuran tadi dengan Vinegarette (campuran antara minyak dan cuka dengan mustard dan bawang putih) atau dengan cuka, ditambah dengan 1 sendok teh minyak olive. Salad ini mempunyai jumlah kalori kurang dari 150 kalori. Ini dikarenakan tingginya kandungan air dalam bahan-bahan salad tersebut. Contohnya mentimun yang rendah kalori dan menduduki peringkat teratas sebagai makanan yang mampu mengurangi berat badan.

Teh hijau jahe
menikmati secangkir teh rendah kalori dapat meredakan stress setelah melewati hari yang panjang. Sebagai bonus, penelitian mengatakan, meminum teh hijau dapat mempercepat metabolisme tubuh anda. Campurkan teh hijau anda dengan sepotong jahe untuk penambah rasa.


#dari berbagai sumber
Share this article :
 
Support : Cara gampang ke2 | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. BELAJAR BERBISNIS - All Rights Reserved
Template Created by Cara gampang ke2 Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger